Pages

Friday, July 12, 2013

Contoh Greenbelt Bagi Orang yang Mendalami Ilmu Bidang Planologi

Bagi orang yang mendalami ilmu bidang Planologi/Tata Kota dan beberapa ilmu lainnya yang sering atau bersinggungan dengan pembangunan, tentu tidak asing lagi dengan istilah Greenbelt.
Apa itu Greenbelt
Greenbelt menurut bahasa yaitu sabuk hijau, namun dalam istilah ilmu perencanaan adalah sebuah lingkaran peruntukan lahan yang di atasnya hanya boleh terdapat tumbuh-tumbuhan, seperti hutan bahkan pertanian

.
Manfaat Greenbelt
Greenbelt pada dasarnya adalah sebagai pembatas antara satu kota dengan kota lainnya atau satu kampung dengan kampung lainnya. Namun setelah dirasakan, ternyata ada banyak sekali manfaat dari greenbelt tersebut terhadap sebuah wilayah, diantaranya yaitu :
  1. Meningkatkan kualitas udara diperkotaan serta dapat menjadi paru-paru kota.
  2. Penahan badai atau angin yang dapat menghantam sebuah kawasan perumahan.
  3. Pembeda antara kota dengan kota lainnya, sehingga dengan adanya greenbelt maka antara kota satu dengan lainnya tidak langsung bersambung, namun dipisah dengan adanya greenbelt ini. Sehingga dapat menjadi daya tarik tersendiri terhadap masing-masing kota.
  4. Dapat mencegah banjir dengan banyaknya tumbuhan maka akan semakin banyak pula daerah resapan.
  5. Menjadi habitat bagi hewan-hewan liar sekitar.
  6. Serta dapat menjadi tempat untuk rekreasi bagi penduduk kota yang ingin merasakan suasana tenang dengan lebih dekat kepada alam.
Ada banyak manfaat dari greenbelt yang seharusnya greenbelt terbagun di kota-kota Indonesia terutama di wilayah JABODETABEK. Bila kita melihat pembangunan pada wilayah batasan perkotaan Indonesia sangat bertolak belakang seperti negara-negara yang telah menerapkan metode ini pada kota-kota mereka. Sebagai contoh bila kita melihat batasan antara DKI Jakarta dengan Tangerang, maka kita tidak akan menjumpai rentetan tumbuh-tumbuhan sebagai pembatasnya, melainkan  ruko dan bangunan-bangunan lainnya yang sangat menyesakkan.

Negara-negara yang telah menerapkan Greenbelt

Ada banyak negara-negara yang telah menerapkan metode greenbelt ini terhadap kota-kota mereka, namun saya hanya dapat memaparkan beberapa yang saya ketahui saja, diantaranya yaitu :
  1. Amerika Serikat
  2. Australia
  3. Brazil
  4. Inggris
  5. Korea Selatan
  6. Selandia Baru
Kehidupan yang berdampingan dengan alam memang merupakan pilihan terbaik, bahkan untuk mengadakan sebuah pembangunan yang berkelanjutan pun haruslah berkorelasi dengan alam, sehingga nantinya akan ada timbal balik yang baikbagi manusia itu sendiri.

Semoga bermanfaat, sebarkan dan gunakan sebagai bahan artikel atau sebagainya, namun jangan lupa untuk mencantumkan sumber ya teman-teman :).

(Sumber : http://bang-romi.blogspot.com)

No comments:

Post a Comment